7 Penyebab HP Lemot dan Tips Untuk Mengatasinya, Dijamin Ampuh!

7 Penyebab HP Lemot dan Tips Untuk Mengatasinya, Dijamin Ampuh! – Bagi mereka yang mengandalkan HP untuk pekerjaan atau aktivitas sehari-hari, kata lemot sangatlah tidak diharapkan. Banyak tanda pada HP lemot seperti respons layar sentuh yang lambat, aplikasi yang tidak responsif, dan kinerja yang lambat.

Penyebab HP lemot sangatlah beragam. Nah, kami sudah merangkum beberapa penyebab HP lemot dan cara untuk mengatasinya. Jangan lupa untuk menyimak artikel ini sampai akhir, ya!

7 Penyebab HP Lemot dan Tips Untuk Mengatasinya

Aplikasi yang Tidak Stabil

Anda mungkin pernah menemukan sebuah aplikasi Android yang tiba-tiba mogok atau berhenti tanpa alasan saat sedang digunakan. Hal ini biasanya terjadi pada aplikasi yang bermasalah sejak awal atau yang belum diunduh  dari  aplikasi resmi seperti Play Store.

Jika Anda mengalami masalah dengan ponsel yang merupakan salah satu penyebab HP lemot, cara terbaik untuk menyelesaikannya adalah dengan mencopot aplikasinya lalu mengunduhnya kembali.

Sebaiknya Anda mengunduh secara langsung dari Play Store untuk memastikan aplikasi Anda aman dan terlindungi dari virus dan malware.

Bloatware

Bloatware adalah aplikasi bawaan dari HP yang tetap berhubungan dengan aplikasi, tetapi jarang atau tidak pernah digunakan sama sekali. Banyaknya bloatware tentu saja sangat mengganggu dan memakan banyak ruang penyimpanan, yang dapat menjadi penyebab HP lemot.

Untuk menghapus bloatware, Anda dapat menekan ikon aplikasi di drawer aplikasi secara langsung dan pilih Uninstall, atau pilih Settings> Apps> Select application to remove> Uninstall. Jika Anda tidak memiliki opsi pencopotan aplikasi, Anda juga dapat memilih opsi Nonaktifkan untuk setidaknya aplikasi tersebut dapat berhenti.

RAM yang Tidak Mencukupi

RAM adalah memori yang menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang berjalan. Semakin banyak memori yang Anda miliki, semakin banyak pula aplikasi yang dapat Anda jalankan bersama, istilahnya adalah multitasking.

Buka opsi pengaturan untuk melihat penggunaan RAM, apakah aplikasi Anda menggunakan banyak RAM dan berapa banyak RAM yang tidak digunakan. Penyebab HP lemot umumnya disebabkan oleh penggunaan RAM yang berlebihan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menutup jendela multitasking yang sedang berjalan atau restart ponsel Anda.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Fitur Hide My Email iCloud di Windows dan Android

Memori yang Hampir Penuh

Selain karena RAM yang hampir penuh, memori yang hampir penuh juga dapat menjadi penyebab HP lemot. Beberapa aplikasi, seperti jenis media sosial terkadang menyimpan cache yang besar, sehingga sangat boros memori.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Files by Google, Anda juga bisa menghapus cache pada aplikasi di ponsel Anda. Anda disarankan untuk menyimpan sebagian besar file ke penyimpanan eksternal terlebih dahulu agar tidak mengganggu file internal.

Sistem Operasi yang Tidak Diperbarui

Setiap kali muncul pembaruan baru, Android selalu melakukan perbaikan untuk memperbaiki bug dan masalah lainnya. Jika ponsel Anda terasa lambat, itu bisa jadi merupakan masalah pada software, bukan masalah hardware.

Oleh karena itu, selalu pastikan sistem operasi ponsel Anda up-to-date. Jika pembaruan terbaru sedang tersedia, maka unduhlah dengan segera. Namun, sebaiknya gunakan koneksi Wi-Fi karena ukurannya rata-rata sangat besar.

Reset Pabrik

Reset pabrik adalah salah satu cara paling efektif untuk mengatasi ponsel lemot. Reset pabrik dapat menghapus semua data atau file dan membuat ponsel Anda terasa seperti baru. Ini adalah metode yang paling ampuh ketika HP Anda dirasa sangat lemot.

Cara untuk mengaturnya relatif mudah, cukup masuk ke Pengaturan> General Management> Reset> Factory Reset. Sebelum mengatur ulang ke default pabrik, buatlah cadangan pada data penting Anda dan pastikan Anda telah  melepas kartu micro SD.

Baca Juga :  5 Cara Memperbaiki Mac dan MacBook Sering Mati Sendiri Dijamin Berhasil

Spesifikasi HP yang Terlalu Rendah

Penyebab HP lemot bisa jadi bukan karena software atau bug yang serius, tetapi karena spesifikasi pada HP yangterlalu rendah. Apalagi jika spesifikasinya menggunakan sistem operasi lama yang tidak optimal untuk menjalankan aplikasi modern.

Jika ponsel Anda terasa lambat dan Anda telah mencoba berbagai cara untuk mengatasinya, tetapi tetap tidak berhasil, ada baiknya Anda mengganti ponsel Anda. Dengan chipset octa-core, RAM 3/4 GB, dan penyimpanan 64 GB, sebuah ponsel sudah lebih dari cukup untuk melakukan aktivitas seperti browsing dan menjalankan tugas berat seperti bermain game.

Setelah mengetahui beberapa penyebab HP lemot di atas dan cara mengatasinya, semoga smartphone Anda kembali lancar saat digunakan, ya! Selamat mencoba!

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *