8 Cara Meningkatkan Performa Laptop yang Lemot

8 Cara Meningkatkan Performa Laptop yang Lemot – Bekerja atau bermain game di laptop yang lambat bisa menjadi hal yang sangat menyebalkan. Namun, jika laptop Anda terasa lambat, bukan berarti Anda harus langsung menggantinya. Seiring dengan lamanya penggunaan laptop, pasti akan terasa berat. Karena semakin lama, semakin banyak file dan program yang digunakan atau disimpan.

Untuk itu, perawatan  laptop sangat diperlukan agar kecepatan laptop tetap stabil. Apalagi jika Anda seorang gamer, Anda tentu ingin mendapatkan performa tinggi untuk merasakan tampilan grafis yang baik pada game.

Nah, Ideavone merangkum bagaimana cara meningkatkan performa laptop di sini. Jangan lupa simak hingga akhir, ya!

Cara Meningkatkan Performa Laptop yang Lemot

Upgrade RAM

Metode ini memang membutuhkan biaya yang tinggi, tetapi terbukti dapat meningkatkan performa laptop terutama memori Anda, terbukti bekerja lebih baik daripada RAM Single Channel. Cara ini juga membuat laptop Anda lebih responsif dan dapat memaksimalkan kemampuan perangkat.

Namun, kelemahan dari RAM dengan pengaturan Dual Channel adalah ia menggunakan sedikit lebih banyak daya dan harga yang harus Anda bayar untuk menambah RAM.

Namun, jika Anda masih merencanakan upgrade RAM, pastikan kapasitas RAM Anda tetap sama, seperti kecepatan baca dan tulis, dan jenis RAM sama. Misalnya menggunakan tipe SODIMM untuk laptop sedangkan tipe RAM DIMM untuk PC.

Menambahkan SSD

Cara meningkatkan performa laptop yang kedua adalah dengan menambahkan solid state drive (SSD). Metode ini merupakan cara perubahan dengan menggunakan perangkat keras terbesar yang dapat Anda lakukan untuk membuat laptop Anda lebih cepat.

Menambahkan SSD dapat meningkatkan kecepatan startup, shutdown, dan pemuatan aplikasi dibandingkan dengan hard drive tradisional. Kekurangannya adalah harganya jauh lebih mahal dari HDD. Sebuah SSD  120GB  bisa dijual dengan harga di kisaran Rp400 – Rp800 ribu.

Baca Juga :  Guest Post Gratis Ideavone, Pengertian dan 4 Teknik Untuk Meningkatkan SEO Website Anda

Restart PC atau Laptop

Restart PC atau laptop akan membersihkan sebagian besar file yang tersimpan dan me-restart semua pemrosesan. Memulai ulang laptop hampir sama seperti membiarkan perangkat Anda tidur siang saat Anda lelah bekerja.

Perlu Anda ketahui, bahwa laptop juga harus beristirahat setelah penggunaan berlebihan dengan menutup aplikasi dan meng-klik menu reset.

Baca Juga : 6 Cara Terbaik Mencegah Virus Masuk Pada Komputer Atau Laptop

Cara terbaik dalam mengistirahatkan laptop adalah dengan mematikan laptop dan kemudian menyalakannya kembali saat digunakan. Ini dapat membantu meningkatkan atau mempertahankan kinerja laptop dengan baik.

Cara ini tentu saja tidak menambah kapasitas RAM yang tersedia. Namun, hal ini akan membersihkan pemrosesan yang sedang berlangsung dan akan membuat perangkat lebih cepat.

Uninstall atau Nonaktifkan Software yang Tidak Perlu

Cara meningkatkan performa laptop Anda yang ketiga adalah uninstall sementara atau nonaktifkan aplikasi yang tidak perlu meningkatkan RAM  dan mempengaruhi kinerja laptop.

Untuk melakukannya, Anda cukup membuka menu “Pengaturan”, pilih “Aplikasi”, lalu klik menu “Aplikasi & Fitur”. Kemudian klik tombol uninstall yang muncul ketika Anda memilih perangkat lunak yang ingin Anda hapus.

Perbarui Driver dan Windows

Beberapa driver baru dapat menghidupkan perangkat keras Anda dan memperbaiki masalah yang mungkin Anda temui. Oleh karena itu, periksa situs web produsen laptop Anda untuk memastikan apakah driver sudah diperbarui atau tidak.

Jika Anda melewatkan pembaruan, Anda masih dapat memeriksanya. Untuk melakukan ini, buka “Start” dan klik “Pengaturan atau ikon Pengaturan” . Kemudian pilih “Pembaruan & Keamanan”> Pembaruan Windows.

Lakukan Defrag dengan Rutin

Anda perlu men-defrag hard drive Anda secara rutin dan hati-hati, karena hal ini dapat membantu hard drive Anda  bekerja lebih efisien dan teratur.

Baca Juga :  Free Download Diabolic Traffic Bot V7.30 - Youtube Traffic Bot Terbaik

Untuk melakukannya, klik kanan pada hard drive dan kemudian pilih “Properties”, lalu pilih “Defragment Now” dan tunggu sampai selesai.

Mode Hibernasi

Cara meningkatkan performa laptop Anda yang ketujuh adalah menggunakan mode hibernasi setiap kali Anda masuk ke Windows. Fungsi dari  mode ini adalah untuk menyimpan memori yang sedang dimatikan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Watermark Windows 10 Trial Dijamin Berhasil Tanpa Crack

Tentu cara ini dapat membantu menyegarkan kembali memori Anda ketika Anda diminta untuk bekerja lebih keras dengan mengklik tombol Windows Key dan 1 secara bersamaan.

Setelah memasuki sistem, Anda dapat mengklik “Power and Sleep Mode” dan kemudian beralih ke pengaturan daya tambahan. Buka “Opsi Daya” dan klik pilih apa yang dilakukan tombol daya dan centang opsi “Ubah pengaturan” yang saat ini tersedia.

Menghentikan Program yang Sedang Berjalan

Cara terakhir yang dapat Anda coba untuk meningkatkan performa laptop Anda adalah dengan menghentikan program yang sedang berjalan di startup.

Anda dapat melakukan ini dengan membuka “Task Manager”. Kemudian lanjutkan dengan memilih program yang sedang tidak digunakan, tetapi menyerap memori yang banyak. Kemudian klik End dan selesai.

Penutup

Nah, itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa laptop agar tidak lemot sehingga tidak mengganggu pekerjaan Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “8 Cara Meningkatkan Performa Laptop yang Lemot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *