Ingin Tahu Cara agar WhatsApp Hemat Kuota? Simak Disini!

Ingin Tahu Cara agar WhatsApp Hemat Kuota? Simak Disini! – WhatsApp telah menjadi aplikasi komunikasi paling populer bagi pengguna smartphone. Dari mengirim pesan, berbagi foto dan video, hingga panggilan telepon, dan panggilan video.

Namun, tidak semua fitur yang ditawarkan oleh aplikasi naungan Mark Zuckerberg ini membutuhkan penggunaan data internet yang minimal. Simak cara agar WhatsApp hemat kuota di sini agar nantinya tidak menyia-nyiakan kuota internet Anda.

5 Cara agar WhatsApp Hemat Kuota

1. Nonaktifkan Unduhan Otomatis

Menerima atau mengirim sebuah foto dan video di WhatsApp akan menghabiskan kuota internet Anda, sehingga lebih boros jika tidak mematikannya. Jika Anda menonaktifkan pengunduhan otomatis untuk foto dan video WhatsApp, maka hal tersebut dapat menjadi salah satu cara agar WhatsApp hemat kuota.

Selain menghemat kuota internet, cara ini juga bisa mencegah memori pada ponsel Anda cepat penuh. Berikut adalah cara mematikan unduhan otomatis di WhatsApp:

  • Di aplikasi WhatsApp, pilih “Pengaturan” dan klik ikon tiga titik di sudut kanan atas. Kemudian pilih bagian “Simpan dan Menggunakan Data”. Hapus centang pada tiga opsi tersebut yang tersedia saat menggunakan data seluler. data seluler)
  • Kemudian klik OK. Jika berhasil, maka akan menampilkan informasi “tidak ada media”. Anda masih dapat mengunduh foto atau video yang diunggah saat Anda mematikan unduhan otomatis, tetapi Anda harus mengeklik media yang ingin Anda lihat secara manual.
Baca Juga :  Yuk, Simak 7 Tips Mengoptimalkan Spotify Yang Belum Diketahui Banyak Orang!

2. Nonaktifkan Background Data WhatsApp

Kuota internet akan tetap berfungsi walaupun Anda sedang tidak membuka aplikasi WhatsApp karena aplikasi masih berjalan di background. Untuk cara agar WhatsApp hemat kuota, Anda bisa mematikan transfer data background agar pesan tidak sampai sampai kamu membuka aplikasi WhatsApp.

Dengan begitu, WhatsApp hanya berjalan ketika Anda membuka aplikasinya saj. Untuk mematikan data background WhatsApp, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi menu Pengaturan telepon Anda. Kemudian pilih item menu Aplikasi. Scroll ke bawah layar untuk menemukan aplikasi WhatsApp. Anda juga dapat melakukan ini dengan mengetik WhatsApp di kotak pencarian.
  • Tap menu WhatsApp lalu tap opsi “Data Seluler”. Kemudian nonaktifkan opsi “Izinkan penggunaan background data”.

3. Batasi Cadangan Obrolan WhatsApp

WhatsApp secara otomatis dapat mencadangkan pesan dan file media Anda ke Google Drive. Backup ini pasti akan memakan kuota internet Anda. Cara agar WhatsApp hemat kuota yang selanjutnya adalah dengan mengatur cadangan obrolan untuk waktu yang terbatas dan hanya menggunakan jaringan Wi-Fi saja.

Caranya adalah sebagai berikut :

  • Di aplikasi Whatsapp, buka “Pengaturan”. Pilih “Chats”, lalu pilih “Backup Chats” dan klik menu “Backup to Google Drive”. Kemudian pilihlah opsi “Hanya jika Anda mengklik cadangan”.
  • Selanjutnya, atur WhatsApp Anda untuk menunda pencadangan data hanya saat menggunakan Wi-Fi. Untuk mengonfigurasi pengaturan ini di perangkat Android Anda, buka Pengaturan > Obrolan > Cadangan Obrolan > Via Cadangan > WiFi. Oleh karena itu, proses pencadangan secara otomatis akan dinonaktifkan.
  • Jika Anda ingin mencadangkan pesan Anda, maka hal ini hanya berfungsi saat menggunakan Wi-Fi, jadi Anda dapat mencadangkannya secara manual dengan mengklik menu cadangan secara manual.
Baca Juga :  Zhang Yi Ming Sebagai Bos TikTok Mundur dari Jabatannya, Apa Alasannya?

4. Pemantauan dan Pembatasan Konsumsi Data

WhatsApp menyediakan statistik secara terperinci tentang penggunaan data seluler pengguna. Dengan memantau statistik penggunaan ini, Anda dapat mengontrol jumlah data yang dikonsumsi. Cara agar WhatsApp hemat kuota ini adalah cara yang paling mudah untuk bisa Anda terapkan.

Caranya adalah sebagai berikut :

  • Buka Pengaturan di aplikasi WhatsApp. Pilihlah untuk menggunakan penyimpanan dan data.
  • Pilih Penggunaan Jaringan untuk menampilkan semua data seluler yang digunakan berdasarkan penggunaan.
  • Kemudian klik “Reset Statistic” untuk mereset semua statistik untuk menghitung semuanya dari awal.

5. Aktifkan Fitur Reduksi Data untuk Panggilan WhatsApp

WhatsApp membutuhkan sebuah kuota internet yang cukup untuk panggilan suara dan video. Namun, Anda tidak perlu khawatir kehilangan kuota. Anda tetap bisa melakukan panggilan dan melakukan panggilan video di WhatsApp dengan mengaktifkan fitur reduksi data panggilan.

Anda bisa mengikuti cara agar WhatsApp hemat kuota sebagai berikut :

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Android atau iOS Anda dan klik ikon tiga titik di sudut kanan atas.
  • Pilih Pengaturan , lalu Opsi Penyimpanan dan Data.
  • Kemudian klik tombol “Gunakan lebih sedikit data untuk panggilan” untuk mengaktifkannya. Saat fitur ini aktif, panggilan telepon dan video menggunakan lebih sedikit data daripada sebelumnya.

Namun, ada kemungkinan hal ini akan sedikit memengaruhi kualitas ponsel dan video Anda. Nah itulah cara agar WhatsApp hemat kuota agar nantinya tidak menyia-nyiakan kuota internet Anda. Semoga hal ini bisa membantu bagi kalian yang ingin menghemat paket data, ya!

Follow akun Instagram kami @ideavonecom dan dapatkan informasi-informasi terbaru seputar dunia teknologi, game, dan bisnis. Salam…

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “Ingin Tahu Cara agar WhatsApp Hemat Kuota? Simak Disini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *