6 Cara Terbaik Mencegah Virus Masuk Pada Komputer Atau Laptop

6 Cara Terbaik Mencegah Virus Masuk Pada Komputer Atau Laptop – Virus pada komputer adalah hal yang paling ditakutkan dan menyeramkan bagi setiap pengguna laptop atau komputer. Virus komputer adalah program komputer bekerja dengan cara menyalin dirinya sendiri kemudian menyebar dengan menyisipkan copyan dirinya lewat program dan dokumen.

Virus komputer bekerja dengan merusak (misalnya dengan cara merusak data yang ada pada dokumen), membuat setiap pengguna laptop atau komputer merasa sangat jengkel dan terganggu. Hal tersebut tentu saja akan sangat menjengkelkan dan bahkan dapat merusak komputer kita.

Mau tidak mau, suka tidak suka virus yang ada dalam komputer harus segera dibersihkan dan dicegah agar tidak masuk lagi pada komputer atau laptop. Namun mencegah virus masuk pada komputer atau laptop tidaklah mudah. Setidaknya kita harus tahu hal-hal apa saja yang harus kita hindari agar komputer atau laptop kita dapat terhindar dari virus komputer.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa beberapa virus yang sangat mematikan dan telah banyak dikenal seperti Worm, Polymorphic, Trojan, rootkit, Backdoor, Rogue, Spyware dan lain-lain. Jenis ini sangat membahayakan perangkat laptop dan komputer dan virus ini juga sangat rentan gampang sekali masuk ke laptop dan komputer. Maka kita mesti segera mencegah agar virus tersebut tidak masuk ke komputer atau laptop kita.

Demi mendapatkan kondisi komputer atau laptop yang prima, maka komputer kita harus benar-benar terbebas dari berbagai macam virus. Untuk dapat mencegah virus masuk pada komputer atau laptop kita maka dapat dilakukan beberapa hal sebagai berikut:

Hati-Hati Saat Memasukan Flashdisk Dan Memory Card

Flashdisk dan memory card adalah media penyimpanan yang paling rentan masuk Virus. Hal yang perlu diperhatikan saat memasukan Flashdisk atau memory card, pastikan anti virus dalam keadaan aktif dan scan sampai selesai. Lebih baik lagi jika kita menggunakan anti virus terbaik atau yang berbayar.

Pada flashdisk ini biasanya terdapat virus shortcut dan autorun. Virus shortcut biasanya merusak file-file dan dokumen sehingga file dan dokumen tersebut tidak bisa dijalankan, sedangkan virus autorun adalah virus yang selalu menggandakan file dan document tetapi dokumen dan file hasil penggandaan virus ini tidak akan bisa dibuka. Kedua virus ini sangat bandel karena sangat susah sekali dihapus, untuk menghapusnya diperlukan antivirus terbaik seperti avira atau AVG.

Baca Juga : 7 Penyebab Komputer Lemot yang Perlu Anda Ketahui !

Berhenti Mendownload Software Atau Aplikasi Dari Situs Yang Tidak Dikenal

Jika kita akan mengunduh file ataupun software usahakan kita mengunduh dari situs yang benar-benar bisa dipercaya dan aman, lebih baik lagi mengunduh aplikasi langsung dari sumber atau situs resminya. Dari beberapa pengguna laptop atau komputer yang mempunyai resiko yang sangat tinggi dan mudah terkena virus yaitu komputer dan laptop yang sangat sering mengakses internet. Diinternet biasanya terdapat virus yang sangat bandel seperti malware, worm dan trojan. Mereka menyebar dan masuk melalui internet.

Usahakan Proses Scaning Secara Rutin

Untuk mencegah virus masuk pada komputer, lakukan proses scanning secara teratur minimal seminggu sekali agar komputer lebih aman. Karna jika kita jarang melakukan scanning kita tidak akan tahu virus masuk atau tidak yang membuat virus semakin lama bersarang di komputer dan terus menyebar mengakibatkan file-file berharga kita rusak.

Mencegah Virus Masuk Pada Komputer Dengan Update Program Antivirus

Agar antivirus yang kita miliki lebih kebal dan mempunyai fitur aktif untuk mencegah masuknya virus, usahakan update selalu antivirus yang kita miliki. Dengan semakin updatenya anti virus yang kita miliki, maka itu adalah salah satu solusi terbaik untuk mencegah virus masuk pada komputer.

Pastikan Firewall Dalam Keadaan Aktif

Kegunaan dari firewall sendiri ialah untuk mencegah masuknya virus yang masuk ke komputer kita. Firewall juga bisa digunakan sebagai tembok penghalang untuk menghalangi hacker atau malware yang masuk. Lebih baiknya lagi dari firewall ini adalah selalu melindungi komputer kita pada waktu kita melakukan download ataupun broswing. Jika irasa ada yang mencurigakan firewall inilah mulai bekerja dengan cara membloknya.

Jangan Terlalu Banyak Antivirus

Cara terakhir untuk mencegah virus masuk pada komputer ataupun laptop adalah dengan cara membatasi anti virus itu sendiri. Hal ini yang sering dilakukan para pengguna komputer adalah terlalu banyaknya antivirus dalam satu kompter. Dengan semakin banyaknya antivirus bukan menghilangkan virus tetapi justru antivirus itu akan saling serang satu sama lain hingga menyebabkan file antivirus rusak dan tidak bisa dibuka kembali.

Jika misalnya kita menggunakan dua antivirus kemudian ada virus masuk antivirus pertama akan menghapus virus tersebut dan memasukannya ke quarantine, kemudian antivirus kedua masih tetap bisa membaca virus tersebut sebelum kita membuangnya dari quarantine tersebut hingga akhirnya antivirus kedua akan memaksa virus yang telah masuk di quarantine tersebut dipaksa keluar dengan cara menyerang antivirus pertama. Jadi usahakan pilih salah satu antivirus terbaik yang benar-benar kuat tidak perlu menggunakan banyak antivirus.

Penutup

Itulah 6 cara terbaik mencegah virus masuk pada komputer ataupun laptop, Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut laptop atau komputer kita akan lebih aman dan awet, begitu juga folder dan file-file berharga kita aman dari gangguan virus yang menyerang dan merusak file.

Kunjungi supermarket bangunan subang dengan cara ketik www.romabangunan.id

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...