Elon Musk, Si Korban Bully Yang Sekarang Menjadi Triliuner

Elon Musk, Si Korban Bully Yang Sekarang Menjadi Triliuner – Jika kamu belum tahu siapa Elon Musk, dia adalah salah satu orang terkaya di Bumi. Dalam daftar Bloomberg Billionaires Index terbaru, harta kekayaan Elon sekarang telah tembus USD 335 miliar atau setara dengan Rp. 4.700 triliunan.

Sejak beberapa tahun kebelakang, harta kekayaan pria kelahiran Afrika Selatan ini bertambah hingga ratusan miliar dolar. Hingga dia bisa mengalahkan kalangan konglomerat lainnya seperti Mark Zuckerberg, Warren Buffett, hingga bersaing ketat dengan Jeff Bezzos.

Dalam artikel ini kami akan membahas secara sederhana tentang profil dan bisnis dari Elon Musk. Bagaimana caranya seorang pria yang lahir di Afrika Selatan bisa menjadi seorang Triliuner dan orang terkaya di muka bumi.

Elon Musk Koban Bully

Seperti cerita film, Elon Musk tumbuh dari masa kecil yang cukup keras. Semasa kecil dia menjadi korban bully dari para temannya karena dianggap aneh, introvert, dan lebih suka menghabiskan waktunya di perpustakaan

Semasa kecil, dia pernah menjadi korban bully dari teman-teman sebayanya. Elon bahkan pernah sampai dilarikan ke rumah sakit karena dihajar oleh anak-anak di sekolahnya hingga dia pingsan.

Broken Home

Di dalam rumah, Elon kerap mendapatkan perlakuan yang keras dari orang tuanya. Puncaknya, pada usia ke 9 tahun kedua orang tua Elon mengalami perceraian.

Menginjak usia remaja, Elon kerap bertengkar dengan ayahnya. Hingga pernah satu ketika Elon samasekali tidak berbicara dengan ayah kandungnya tersebut hingga satu tahun lebih.

Meninggalkan Afrika Selatan

Pengalaman yang kelam tersebut membuat Elon Musk berkeinginan keras untuk pergi meninggalkan Afrika Selatan. Lalu pada akhirnya, di usia ke 18 tahun dia pindah ke rumah pamannya yang berada di Montreal, Kanada. Hingga beberapa tahun berikutnya dia secara resmi berpindah kewarganegaraan menjadi warna Kanada.

Baca Juga :  Resmi! Facebook Ganti Nama Menjadi Meta - Ini 3 Alasannya

Setelah pindah dari Afrika Selatan ke Kanada, Elon tidak semerta-merta langsung memiliki hidup yang mapan. Demi memperbaiki hidupnya, Elon Musk pernah bekerja sebagai tukang bersih-bersih gudang peternakan, memotong kayu, hingga menjadi tukang bersih-bersih di sebuah pabrik kayu.

Memiliki Bakat Bisnis Sejak Muda

Sejak muda, Elon Musk sangat tertarik dengan teknologi dan komputer. Di usia yang masih sangat muda, Elon pernah berjualan game dan komponen komputer untuk mencari uang.

Ide kreatifnya tidak berhenti di situ saja. Alih-alih membayar biaya sewa rumah yang mahal, Elon pernah menyewakan rumahnya ketika weekend untuk dijadikan tempat pesta dan uang dari hasil menyewakan rumah tersebut digunakan untuk membayar sewa rumahnya secara keseluruhan.

Paypal, Awal Karir Elon Musk

Setelah lulus dari Queen’s University, Elon Musk mendirikan perusahaan yang bernama X.com di 165 University Avenue, Palo ALto, California, USA. Awalnya, X.com ini didirkan pada bulan Maret 1999 sebagai penyedia jasa perencanaa keuangan.

Lalu pada tahun 2000, X.com merger dengan Confinity dan menghasilkan produk bernama PayPal Corp. PayPal merupakan perusahaan yang bergerak pada jaringan dan jasa transfer uang melalui email. Fokusnya untuk menggantikan metode transaksi lama yang masih menggunakan cek atau wesel pos.

Tidak hanya itu saja, PayPal juga menyediakan jasa pembayaran untuk pemilik E-commerce, lelang, dan jenis usaha lain untuk semakin mempermudah pembayaran.

Akuisisi PayPal Oleh Ebay

PayPal yang memiliki masa depan menjajikan, kemudian dilirik oleh raksasa Marketplace ketika itu, eBay. eBay beranggapan bahwa PayPal cocok untuk digunakan sebagai media pembayaran lelang online mereka.

Pada bulan februari tahun 2000, rata-rata ada setidaknya 200.000 penawaran barang lelang perhari menggunakan platform pembayaran ParPal. Sedangkan yang menggunakan Billpoint (metode pembayaran yang diakuisisi oleh eBay ketika itu) hanya mencapai 4.000 penawaran saja.

Karena dinilai memiliki kinerja yang lebih maksimal, eBay merasa bahwa PayPal merupakan platform pembayaran yang paling cocok untuk digunakan.

Pada tahun 2002, akhirnya eBay mengakuisisi PayPal sebesar USD 1,5 miliar. Lalu eBay kemudian menghapus layanan pembayaran melalui Billpoint agar bisa meningkatkan potensi PayPal.

Mendiriakn SpaceX

Setelah eBay membeli PayPal, pada tahun 2002 Elon Musk mendirikan perusahaan baru bernama SpaceX. Perusahaan ini berfokus pada penyedia layanan transportasi luar angkasa.

SpaceX memiliki pencapaian yang luar biasa, yaitu menjadi roket yang memiliki bahan bakar cair pertama dan mampu mencapai orbit pada tahun 2008. Tidak hanya itu saja, pencapaian lainnya adalah yaitu menjadi perusahaan swasta pertama yang meluncurkan wahana antariksa menuju luar angkasa dan kembali dengan selamat.

Baca Juga :  Jasa Pembuatan Website Murah Di Surabaya

Keberhasilan lainnya yang dicapai oleh SpaceX adalah dengan ditandatanganinya kontrak kerjasama dengan NASA untuk melakukan pergantian awak stasiun luar angkasa internasional. Hingga 6 Desember 2020, total SpaceX telah mengirim 21 misi suplai ke stasiun luar angkasa.

Saat ini Elon Musk memiliki ambisi besar untuk melakukan kolonialisasi ke planet Mars. Proyek tersebut secara serius dikembangkan oleh SpaceX agar manusia di masa mendatang dapat berpindah dari Bumi ke Mars.

Mendirikan Mobil Listrik Tesla

Tesla merupakan perusahaan otomotif dan penyimpanan energi asal USA yang didirikan oleh Elon Musk beserta Martin Eberhard, Marc Tarpenning, JB Straubel, dan juga Ian Wright. Perusahaan ini berlokasi di Paolo Alto, California, USA.

Selain menjadi perusahaan yang memproduksi mobil, Tesla juga memproduksi perangkat pengisi ulang baterai bernama Tesla Gigafactory.

Hingga sekarang, Tesla telah menjadi salah satu produsen otomotif tersukses di dunia. Produk-produk yang dijual telah tersebar ke seluruh dunia dengan harga yang cukup fantastis.

Perusahaan Lainnya

Selain mendirikan SpaceX dan Tesla, Elon Musk juga mendirikan beberapa perusahaan yang terus berkembang hingga sekarang. Adapun perusahaan-perusahaan tersebut adalah  The Boring Company, dan Neuralink.

The Boring Company merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembangunan terowongan dan infrastruktur. Proyeknya dari The Boring Company saat ini adalah membuat rancangan untuk sistem transit intra-kota.

Neuralink merupakan perusahaan neuroteknologi yang bertujuan untuk mengobati penyakit otak seris dalam jangka pendek. Lebih lanjutnya, fokus utama dari Neuralink ini adalah untuk meningkatkan kualitas manusia.

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *