Teknik Mebuat Iklan Facebook 2020 Dijamin Manjur

Teknik Membuat Iklan Facebook 2020 Dijamin Manjur – Facebook saat ini bisa dikatakan sebagai raja pada platform media sosial di seluruh dunia. Tercatat bahwa Facebook memiliki 2,23 miliar pengguna aktif perbulannya. Pengguna Facebook-pun sangatlah variatif, mulai dari yang muda hingga tua, berbagai profesi dan latar belakang semua membaur.

Dengan begitu banyaknya pengguna dan aktifitas setiap hari di dalam platform Facebook, tentu menjadi peluang bagi siapapun yang ingin mempromosikan bisnis atau usaha-usahanya. Hal tersebut juga telah dibaca oleh Facebook dengan cukup jeli. Melihat adanya peluang bisnis di dalamnya, Facebook kemudian memberikan vitur istimewa bagi para pengguna yang ingin mempromosikan bisnis atau aktivitasnya dalam bentuk Iklan Facebook / Facebook Ads.

Iklan Facebook, atau lebih dikenal dengan Facebook Ads saat ini menjadi salah satu platform iklan yang paling banyak digunakan oleh pelaku bisnis. Nomer satu dalam pemasangan iklan tentu saja masih dipengang oleh raksasa Google. Meskipun begitu, Iklan Facebook atau Facebook Ads menurut Ideavone memberikan sesuatu yang tidak dimiliki oleh Google, yaitu Instagram Ads.

Seperti yang kita ketahui semua, Instagram menjadi salah satu sosial media yang paling sering dibuka oleh sebagian besar masyarakat. Hal tersebut karena memang instagram lebih simple dan cenderung bersifat personal, sehingga Iklan Facebok yang berada di Instagram cenderung lebih efektif. Google mungkin memiliki Youtube, namun Instagram lebih fleksibel dan masuk ke seluruh lapisan masyarakat.

Apa Itu Iklan Facebook / Facebook Ads?

Iklan Facebook atau Facebook Ads merupakan platform beriklan yang dimiliki oleh Facebook dengan jangkauan audiens para pengguna produk Facebook. Seperti yang kita ketahui bahwa produk unggulan dari Facebook selain Facebook itu sendiri adalah Instagram. Ketika anda menggunakan platform Facebook Ads ini maka anda juga dapat memasang iklan di Instagram.

Baca Juga : Review Rumah Hosting – Rekomendasi Web Hosting 2020 Terbaik

Keuntungan Beriklan di Facebook Ads

Budget Yang Dapat Disesuaikan

Salah satu hal yang paling menarik dari memasang Iklan Facebook adalah anda dapat mengatur budget anda sendiri. Dengan anda dapat mengatur budget iklan, maka anda akan leluasa mengatur seberapa luas jangkauan yang anda inginkan.

Selain itu, jika anda membandingkan antara memasang iklan Facebook dengan pemasangan iklan konvensional lainnya seperti koran atau televisi, biaya Facebook Ads jauh lebih murah. Tidak hanya murah, jangkauan audience dari Facebook Ads juga dirasa lebih efektif karena dapat menyesuaikan dengan kecenderungan penggunanya.

Efektif

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, menggunakan Iklan Facebook / Facebook Ads bisa dikatakan jauh lebih efektiv dibandingkan dengan menggunakan iklan konvensional. Dengan anda memasang Iklan Facebook, maka anda dapat menarget audience dengan kecenderungan yang seperti apa, siapa, dan di mana. Hal tersebut tentu saja sangat susah untuk dilakukan baik oleh Televisi, Koran, Radio, dan sebagainya.

Dengan semakin efektifnya Iklan anda di Facebook, maka biaya yang anda keluarkan tidak terbuang sia-sia. Meskipun dalam tanda kutip ketika anda hendak melakukan pemasangan Iklan di Facebook, anda juga harus mengetahui trik-triknya agar lebih efektif lagi.

Jangkauan Yang Luas

Ketika anda memasang Facebook Ads, anda memiliki kesempatan untuk dapat menjangkau setidaknya 150 juta pengguna Facebook di Indonesia setiap bulannya. Dengan jangkauan yang sangat luas tersebut, produk yang anda pasang di iklan Facebook tentu saja akan sangat mudah dikenal oleh masyarakat secara luas.

Analisis Lanjutan

ketika anda memasang Iklan Facebook, bukan berarti anda hanya memasang begitu saja dan selesai, tidak samasekali. Anda akan mendapatkan vitur istimewa lainnya yaitu berupa data dari aktivitas pengguna terhadap iklan anda. Hal tersebut tentu saja bermanfaat bagi anda sebagai bahan analisis kinerja untuk langkah berikutnya.

Manambah Brand Awareness

Salah satu tujuan utama dari pemasangan iklan di manapun dan apapun bentuknya adalah untuk menambah atau meningkatkan brand awareness. Hal tersebut menjadi salah satu yang utama dari aktivitas promosi dari perusahaan atau individu. Dengan semakin tingginya image yang anda miliki, tentu saja akan semakin mempermudah penjualan.

Di dalam Facebook Ads, anda secara otomatis akan menambah brand awareness produk anda. Hal tersebut karena space iklan yang cukup besar dengan penempatan posisi yang strategis di mana setiap pengguna pasti melihatnya tanpa terkecuali.

Teknik Membuat Iklan Facebook / Facebook Ads

Secara garis besar terdapat empat langkah yang harus anda lakukan untuk dapat memasang iklan di Facebook, yaitu:

  1. Membuat Facebook Page / Halaman Facebook
  2. Login ke Facebook Ads
  3. Buat dan tentukan Kampanye iklan
  4. Lakukan pembayaran

Membuat Facebook Page / Halaman Facebook

Pertama-tama jelas anda harus Login terlebih dahulu ke Facebook anda. Setelah itu butlah halaman dengan memilih menu halaman dan buat halaman baru. Kemudian pilihlah jenis halaman yang sesuai dengan bisnis anda.

Facebook Page

Facebook Page 2

Lengkapi seluruh informasi yang dibutuhkan terkait halaman facebook anda. Setelah proses pembuatan halaman di Facebook, anda sudah bisa mulai membuat Iklan Facebook / Facebook Ads.

Login Ke Facebook Ads

Langkah kedua yang harus anda lakukan setelah membuat halaman facebook adalah masuk ke Facebook Ads Manager. Login ke dalam halaman tersebut menggunakan akun Facebook yang nanti akan anda gunakan untuk mengelola iklan.

Pilih Jenis Kampanye Iklan

Di dalam Iklan Facebook, secara garis besar terdapat 3 jenis Iklan yang dapat anda gunakan. Pertama adalah Campaign/kampanye, Ad set (Set Iklan), dan Ad (Iklan).

Campaign / Kampanye merupakan pemasangan Iklan dengan satu tujuan yang spesifik. Contohnya: apabila tujuan pemasangan iklan di facebook anda adalah sebagai upaya untuk meningkatkan traffic semata ke website, maka gunakanlah iklan ini agar pengguna facebook berkunjung ke website anda.

Ad Set (Set Iklan) merupakan iklan yang terdiri dari satu atau beberapa target audience yang dapat anda tuju. Contohnya: Ad set pertama berfokus pada orang-orang yang berlokasi di Surabaya, lalu Ad set kedua memuat orang-orang yang berlokasi di Malang. Sedangkan Ad (Iklan) merupakan iklan yang setiap iklannya berisi gambar, tautan, atau teks yang berbeda satu sama lain.

Campaign / Kampanye

Kampanye Facebook Ads

Ketika anda menggunakan jenis iklan facebook kampanye, maka hal pertama yang anda harus lakukan adalah menentukan tujuan iklan tersebut. Tujuan Iklan facebook dibagi menjadi 3 kategori yang berbeda, yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi

1. Kesadaran/Awareness

  • Kesadaran merek: Bertujuan untuk meningkatkan awareness merek bisnis/produk anda serta menjangkau audience yang mungkin tertarik terhadap produk anda.
  • Jangkauan (reach): Menampilkan iklan sebanyak mungkin kepada pengguna sesuai dengantargetyang telah anda tentukan.

2. Pertimbangan/Consideration

  • Lalu Lintas Kunjungan: Bertujuan untuk meningkatkan traffic website atau aplikasi anda.
  • Penayangan video: Mengajak audience menonton video yang anda promosikan.
  • Pemasangan aplikasi: Mengajak audience memasang/menginstal aplikasi anda.
  • Pesan: Mengajak audience untuk mengirim pesan.
  • Pembuatan prospek: Mendapatkan leads seperti email untuk audience yang tertarik dengan bisnis anda.
  • Interaksi: Bertujuan untuk mendapatkan interaksi pada suatu post. Contoh: Likes, komentar, atau tanggapan.

3. Konversi/Conversion

  • Konversi: Bertujuan untuk menghasilkan konversi/penjualan pada website anda (Untuk melakukan tracking konversi anda harus memasang Facebook Pixel).
  • Penjualan Katalog: Menampilkan iklan mengenai katalog produk/bisnis anda.
  • Kunjungan Toko: Bertujuan untuk mengajak audience mengunjungi toko offline-mu.

Tiga penjelasan di atas merupakan pengertian dari masing-masing tujuan kampanye iklan anda. Oleh sebab itu anda harus benar-benar memilih iklan yang sesuai dengan tujuan anda beriklan untuk apa.

Ad Set / Set Iklan

Ad Set Facebook Ads

Ketika membuat ad set, pertama-tama tTentukanlah jumlah anggaran yang akan anda gunakan. Dalam hal ini, anda dapat memilih antara anggaran harian atau anggaran selama masa promosi. Tentukan juga tanggal mulai dan berakhirnya iklan facebook anda.

Set ad Iklan Facebook

Langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah menentukan target audiens tujuan anda. Untuk hal ini anda dapat menargetkan audience berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, atau penargetan terperinci lain seperti demografi, ketertarikan, atau behavior mereka di Facebook.

Set Ad Facebook Ads

Untuk pilihan pemerisa dari Iklan Instagram anda, gunakanlah pemirsa khusus untuk menjangkau audience yang sudah pernah berinteraksi dengan bisnis anda. Semisal audience yang sudah pernah berkunjung ke website anda, teknik ini dapat disebut sebagai teknik remarketing, yaitu iklan yang menargetkan audience yang sudah memiliki ketertarikan dengan situs anda.

Anda juga dapat menggunakan tombol kecuali yang digunakan untuk mengecualikan pengguna tertentu dalam iklan facebook. Semisal pengecualian ini anda gunakan bagi audience yang sudah pernah melakukan pembelian produk anda atau sebagainya.

Setelah itu, pilihkan lokasi yang anda inginkan untuk tercakup dalam iklan anda. Lokasi dalam iklan facebook ini dapat berupa kota maupun negara. Dengan begitu anda benar-benar dapat melakukan pemetaan calon pembeli anda dengan sangat mudah.

Tidak hanya lokasi, anda juga dapat menargetkan audience iklan berdasarkan umur dan jenis kelamin. Ini tentu saja sangat penting bagi pondasi anda untuk membuat iklan di Facebook. Semisal anda memiliki produk sepatu perempuan dengan warna-warni. Melalui produk tersebut anda mengetahui bahwa customer anda adalah anak remaja perempuan, maka untuk memasang Facebook Ads ini anda harus menargetkan perempuan umur 15-19 tahun.

Ads / Iklan

Iklan Facebook Ads

Pilih Buat Iklan dan format yang diinginkan pada pilihan Ads. Pada tutorial ini kita akan memilih Iklan Facebook Gambar Tunggal.

Facebook Ads

Pilihlah gambar atau video yang anda inginkan untuk dijadikan sebagai materi iklan pada Iklan Facebook / Facebook Ads. Namun sebelum itu anda harus memperhatikan spesifikasi gambar yang sesuai dengan standard Iklan Facebook.

Apabila anda memiliki gambar yang terlalu banyak mengandung teks di dalamnya dapat mengurangi jumlah penayangan atau bahkan Facebook tidak akan menampilkannya samasekali. Oleh sebab itu, cek kembali gambar yang akan anda gunakan sebagai materi Iklan Facebook / Facebook Ads di pemeriksaan teks gambar Facebook.

Jangan lupa tentukan tujuan iklan facebook anda, entah itu berupa website atau Facebook Event. Setelah itu pilihlah tombol Call to Action (CTA) yang sesuai. Misal Selengkapnya, Beli Sekarang, Klik di Sini, dan sebagainya.

Iklan di Facebook

Nah itu semua sudah selesai dan anda sudah dapat melanjutkan ke tahap terakhir.

Pembayaran

Pembayaran Iklan Facebook

Selesai, tingal ikuti saja perintah untuk melakukan pembayaran Iklan Facebook / Facebook ads. Setelah pembayaran selesai, maka iklan anda sudah siap untuk mengudara di platform Facebook.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...