Lakukan 8 Hal Ini Agar Headset Tidak Cepat Rusak

Amsa Studio
Jasa Pembuatan Website – Amsa Studio

Lakukan 8 Hal Ini Agar Headset Tidak Cepat Rusak – Apakah Anda sering menggunakan headset? Saat ini, headset telah menjadi teman sejati bagi semua aktivitas manusia. Dimulai dari menjawab panggilan telepon atau mendengarkan musik.

Selain itu, ada berbagai headset di pasaran saat ini dengan fitur menarik untuk mendengarkan musik atau menelepon. Hal ini juga didukung dengan semakin banyaknya perangkat yang dapat terhubung ke headset, mulai dari laptop, smartphone, tablet, dan perangkat lainnya. Headset sendiriperlu dirawat dengan baik agar tidak cepat rusak.

Merawat headset tidaklah sulit, namun terkadang pengguna sering lalai dalam merawatnya. Nah, sekarang Anda tidak perlu khawatir karena kami memiliki tips untuk merawat agar headset tidak cepat rusak. Jangan lupa untuk menyimak artikel ini hingga akhir, ya!

Baca Juga :  5 Cara Memperbaiki Mac dan MacBook Sering Mati Sendiri Dijamin Berhasil

8 Tips Agar Headset Tidak Cepat Rusak.

1. Pengaturan Volume yang Terlalu Tinggi

Menggunakan headphone pada volume tinggi sebenarnya dapat memengaruhi kinerja headset. Volume tinggi dapat merusak komponen internal speaker dan headphone.

Akibatnya, kualitas suara headset terus memburuk karena efek bass yang terlalu besar. Menaikkan volume dapat merusak headphone dan pendengaran Anda. Agar headset tidak cepat rusak, aturlah volume ke level normal saat menggunakan headset, terutama saat mendengarkan musik.

2. Pastikan Telinga Anda Kering Saat Menggunakan Headset

Air adalah salah satu penyebab kerusakan pada headset. Tanpa disadari, kita biasanya menggunakan headset dengan telinga basah. Inilah yang menyebabkan earbud dapat cepat rusak.

Air juga dapat menyebabkan korsleting pada headset. Agar headset tidak cepat rusak, pastikan keringkan telinga Anda dengan handuk atau tisu setelah mandi, mencuci, mandi, berkeringat, atau apa pun yang membuat telinga Anda lembab. Pastikan telinga Anda benar-benar kering sebelum menggunakan headset lagi.

Jasa Pembuatan Website Murah
Promo Jasa Pembuatan Website

3. Bersihkan Headset Secara Teratur

Debu dapat mempengaruhi kualitas suara headset. Agar headset tidak cepat rusak, Anda disarankan untuk membersihkan debu yang menempel pada earbud secara teratur.

Untuk membersihkan headset e, Anda bisa menggunakan sikat gigi, cotton bud, kain microfiber, disinfektan atau alkohol. Pastikan bersihkan dalam keadaan kering, lalu gosok perlahan hingga debunya hilang. Penumpukan debu yang berlebihan pada kepala headset akan merusak komponen internal headset.

Setelah dibersihkan, Anda dapat mendengar suara yang jernih dari headset seperti biasa.

Baca Juga :  Yuk, Simak 7 Tips Mengoptimalkan Spotify Yang Belum Diketahui Banyak Orang!

4. Letakkan Gadget di Telinga Anda

Menarik kabel terlalu sering dapat merusak headset dan dengan mudah melepaskan komponen dari soket. Untuk mencegah hal ini terjadi, dekatkan ponsel cerdas atau perangkat lain ke telinga Anda saat menyambungkan headset.

Smartphone dapat dimasukkan ke dalam saku baju, tangan, atau saku jaket Anda. Jangan menarik kabel headset saat menggunakannya.

5. Pilihan Jack Headset Berbentuk L

Headset yang ada di pasaran saat ini hadir dalam dua model colokan lurus yang menyerupai bentuk L. Bentu ini tidak mudah dicabut agar headset tetap kokoh Hal ini karena jack headset lurus dapat dengan mudah dilepas ketika kabel ditekan atau ditarik ke benda lain.

Dengan mengunakan cara ini, Anda dapat meminimalkan kemungkinan kerusakan akibat regangan kabel.

6. Pilih Kabel Headset yang Kokoh dan Tidak Kusut

Baca Juga :  Inilah 3 Review IPad Pro 2021, Gadget Baru yang Meramaikan Pasar

Selain konektor , sebaiknya pilihlah headset yang terbuat dari bahas berkualitas tinggi yang cukup tahan lama agar headset tidak cepat rusak. Atau, Anda dapat memilih earbud dengan kabel bebas kusut untuk menghindari kusut saat digunakan, terutama saat digulung.

Dengan cara ini, Anda dapat meminimalkan kerusakan dan memperpanjang umur headset Anda.

7. Gulung Kabel Headset dengan Benar

Headset akan sering rusak jika dipelintir atau dibiarkan tanpa pengawasan. Hal ini akan mengakibatkan kabel menjadi lemah dan suara menjadi tidak jelas.

Agar headset tidak cepat rusak, headset harus dilipat dengan benar. Caranya sangat sederhana untuk melakukan ini, cukup gulung kabel headset di sekitar tiga jari dalam 8 pola.

8. Simpan Headset di Tempat yang Sesuai

Meninggalkan headset di mana saja dengan sembarangan dapat merusaknya. Saat Anda melipat headse, pastikan headset berada di posisi yang benar. Simpanlah headset bersama dengan kabel lain seperti kabel USB, pengisi daya, dan kabel lainnya.

Anda sangat tidak disarankan untuk menyimpan headset di saku celana, kemeja, atau tas Anda. Sebaiknya simpan earbud di dalam wadah pelindung jika sudah digulung dengan benar.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *