Resmi! Microsoft Luncurkan Surface Duo 2 – Berikut Ulasannya

Resmi! Microsoft Luncurkan Surface Duo 2 – Berikut Ulasannya – Microsoft baru saja resmi merilis sebuah smartphone lipat yang diberi nama Surface Duo 2 pada Rabu, 22 September 2021. Saat perusahaan smartphone lain masih dalam tahap uji coba membuat ponsel lipat, Microsoft sudah berani mengambil satu langkah lebih jauh.

Sebelumnya, Microsoft telah merilis seri Surface Duo pada tahun 2020, tetapi seperti permasalahan ponsel lipat pada generasi pertama lainnya, ia memiliki beberapa masalah serta perangkat keras yang lebih jadul dibandingkan dengan pesaing yang lainnya.

Sebelumnya, Microsoft tidak pernah menyebutkan Surface Duo sebagai sebuah smartphone saat pertama kali rilis tahun lalu. Meski sebenarnya ciri-ciri yang dimiliki sangat mirip dengan sebuah smartphone. Microsoft hanya menjelaskan bahwa seri terdahulu diciptakan untuk orang yang menyukai kecepatan dan keindahan pada ponsel. Sekarang, Microsoft memperkenalkan Surface Duo 2 sebagai smartphone dan tablet sekaligus yang bisa digunakan secara bersamaan.

Rupanya, sekarang mereka mengklaim seri ini telah mengalami banyak peningkatan dibanding seri pendahulunya. Sepertinya, Microsoft ingin kembali mengadu keberuntungan setelah gagalnya seri terdahulu di pasaran.

Walaupun dari sisi desain Surface Duo 2 ini tidak memiliki banyak perbedaan dengan seri terdahulunya, tetapi pada seri terbaru ini ponsel dibuat sedikit melengkung di bagian dalam. Tujuannya agar saat perangkat dilipat, lekukan akan tetap terlihat dan bisa menyala untuk menunjukkan notifikasi.

Sebagai tambahan, smartphone Surface Duo 2 ini memiliki tiga kamera. Kamera utamanya memiliki ukuran sebesar 12 megapiksel dengan aperture f/1.7 yang dilengkapi dengan OIS dan dual LED Flash. Kamera ultrawide-nya berukuran sebesar 16 megapiksel, serta kamera telephoto berukuran 12 megapiksel.

Pihak Microsoft masih menggunakan konsep dua layar terpisah yang berukuran 2,8 inci, tetapi mendapatkan tambahan refresh rate 90Hz di perangkat generasi terbaru. Selain itu, Surface Duo 2 juga menghadirkan fitur terbaru seperti notetaking dan drawing melalui Surface Slim Pen 2. Pena digital tersebut dapat diisi daya secara nirkabel oleh Duo 2 saat dipasang secara magnetis.

Baca Juga : Rekomendasi 5 HP 2 Jutaan Kamera Terbaik Tahun 2021

Surface Duo 2 ini akan menggunakan sistem operasi Android 11 yang berintegrasi dengan Microsoft 365 dan Microsoft Teams. Microsoft menjanjikan berbagai kelebihan dalam ponsel ini, pengguna dijamin dapat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan pada masing-masing layar.

Dalam seri kali ini, terdapat banyak perubahan seperti hadirnya pilihan warna, lokasi port USB Tipe-C yang kini posisinya berada di tengah, dan fitur sensor sidik jari yang dulu terletak di tepi kanan kini terintegrasi dengan tombol power. Surface Duo 2 sendiri memiliki baterai berkapasitas 4.448mAh dan dapat diisi ulang dengan menggunakan charger tipe-C serta mendukung fast charging sebesar 23W.

Sedangkan untuk body didalamnya sendiri, Surface Duo 2 hadir dengan RAM sebesar 8 gigabyte, penyimpanan sebesar 128 atau 256 gigabyte dengan konektivitas 5G. Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan NFC.

Kelebihan Smartphone Microsoft Surface Duo 2

Surface duo 2

Konsep ponsel lipat ini sebenarnya bukanlah sebuah konsep yang baru, tetapi Microsoft mampu membuatnya menjadi lebih menarik. Surface Duo ini memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan pesaingnya, yaitu Galaxy Z Fold 3 milik Samsung.

Dalam Surface Duo 2 ini, Anda bisa menggunakan dua aplikasi secara bersamaan, tentu hal ini akan sangat membantu untuk seseorang yang kerap melakukan multitasking. Fitur ini memungkinkan Anda membuka aplikasi Facebook dan Twitter secara bersamaan

Harga Microsoft Surface Duo 2

Kami yakin kalian semua pasti sudah sangat penasaran dengan harga dari Surface Duo 2 ini. Meskipun masih belum resmi dipasarkan di Indonesia, namun berdasarkan pengumuman resmi dari pihak Microsoft harga jual dari smarphone lipat ini sekitar USD 1.499 atau sekitar IDR 21 Jutaan. Harga tersebut seratus dollar lebih mahal dari versi pertama ketika diluncurkan.

Sayangnya, untuk sementara waktu smartphone ini baru bisa dipesan di negara Inggris, Kanada, Amerika Serikat, Australia, Denmark, Austria, Finlandia, Irlandia, Belanda, Spanyol, Swedia, Swiss, Jerman, dan Prancis saja. Rencananya baru akan mulai dikirimkan pada 21 Oktober mendatang. Oleh karena itu, penggemar Microsoft di Indonesia tampaknya harus menunggu untuk dapat mendapatkan smartphone ini.

Di Indonesia sendiri saat ini masih baru bisa melakukan pre-order melalui marketplace kesayangan kita. Harganyapun juga masih belum pasti. Jadi saya rasa mending kita tunggu saja kabar selanjutnya bagaimana pergerakan harga dari Microsoft Surface Duo 2 ini.

Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membeli ponsel lipat garapan Microsoft ini?

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...