Profil Jeff Bezos : Mulai dari Pegawai McDonalds Sampai Menjadi Orang Terkaya Sedunia

Profil Jeff Bezos : Mulai dari Pegawai McDonalds Sampai Menjadi Orang Terkaya Sedunia – Anda pasti sudah mengenal situs-situs perdagangan online terkenal di Amerika Serikat dan dunia, yaitu Amazon. Dalam artikel kali ini, mari mengenal sosok profil Jeff Bezos sebagai pendiri Amazon mulai dari titik terbawahnya sampai kesuksesannya.

Nah, simak artikel ini untuk mengetahui profil Jeff Bezos sebagai pendiri toko online Amazon, ya!

Profil Jeff Bezos

Latar belakang keluarga pendiri Amazon ini bernama lengkap Jeffrey Preston Bezos yang lahir pada 12 Januari 1964 dari pasangan Jacklin dan Ted Jorgensen. Ia lahir di Albuquerque, New Mexico, AS.

Sayangnya, orang tuanya Jeff Bezos bercerai setahun kemudian. Setelah itu, ibunya, yait Miguel Bezos, menikah lagi dan mengundangnya untuk pindah ke Houston, Texas, karena ayah tirinya ditunjuk sebagai insinyur Exxon. Pekerjaan orang tuanya sedikit mempengaruhi minatnya pada teknologi, terutama mekanik bahkan sejak usia dini.

Bahkan saat Jeff masih balita, ia mampu melakukan pembongkaran tempat tidur dengan obeng. Kemudian hal ini berlanjut dengan masalah ilmiah, seperti menjauhkan saudara perempuan dari kamarnya dan memasang alarm listrik untuk menjaga privasinya.

Ketertarikannya pun semakin meningkat saat ia menghabiskan liburannya di pertanian milik kakeknya. Di sana, ia mampu mengembangkan bakatnya secara berulang kali memperbaiki kerusakan pada kincir angin dan traktor yang digunakan untuk memelihara ternak.

Baca Juga :  Zhang Yi Ming Sebagai Bos TikTok Mundur dari Jabatannya, Apa Alasannya?

Nah, bagaimana dengan pendidikan Jeff Bezos?

Profil Jeff Bezos mengenai pendidikannya, ia menghabiskan waktunya di Houston dari sekolah dasar hingga sekolah menengah di sana. Sebagai mahasiswa, Jeff Bezos berkesempatan untuk mengikuti program pelatihan sains di University of Florida. Dia kemudian dianugerahi Silver Knight Award pada tahun 1982 untuk kegiatan ini.

Kemudian, setelah lulus dari sekolah menengah, Jeff Bezos berencana untuk mengambil jurusan fisika dan mendaftar di Universitas Princeton. Akhirnya, ia menjadi lebih tertarik pada hal yang berkaitan dengan komputer dan teknik elektro. Kemudian ia pun lulus dengan gelar di bidang ilmu komputer dan teknik elektro.

Karir Jeff Besoz

Setelah lulus dari Princeton, ia dikatakan telah diterima untuk bekerja di bidang ilmu komputer di Wall Street sambil melanjutkan pendidikan sebagai mahasiswa pascasarjana. Setelah menyelesaikan pendidikan barunya, ia beralih ke Fitel.

Pengalaman bekerja di perusahaan jaringan ritel internasional mendorong Jeff Bezos untuk memulai wirausaha sendiri. Saat mengumpulkan dana selama dua tahun, kemudian ia mulai sebuah perusahaan untuk mengembangkan perangkat lunak untuk mengelola dana pensiun.

Keinginannya untuk memulai bisnisnya sendiri pun semakin besar. Bahkan bosnya menyebut Jeff Bezos sebagai pengusaha yang aneh.

Kapan Jeff Bezos Menciptakan Amazon?

Impiannya untuk berwiraswasta pun akhirnya terwujud saat ia membuka toko buku di sebuah garasi pada tahun 1994. Tahun berikutnya, ia mulai mengembangkan Amazon.com menjadi toko buku online yang berbasis di Seattle, Washington.

Keputusan untuk mendirikan toko buku online berawal dari survei yang dilakukannya. Dia mengatakan bahwa tidak ada penerbit buku yang memiliki bisnis pesanan lewat pos. Hal ini karena pembuatan katalog membutuhkan ribuan halaman dan penawaran yang mahal.

Bahkan Jeff Bezos pun dapat membaca situasi dan memprediksi bahwa semakin banyak bisnis berbasis internet yang akan tumbuh di masa depan. Untuk mengembangkan perusahaanya, dia selalu menghadiri pertemuan tahunan Asosiasi Toko Buku Amerika.

Baca Juga :  Mulai dari Facebook Sampai Apple, Inilah 11 Perusahaan yang Merambah Dunia Virtual Metaverse

Diciptakanlah Amazon oleh Jeff Bezos

Keinginan ini tentu saja didukung penuh oleh orang tuanya dengan menginvestasikan dana pensiun sebesar US$330.000. Amazon awalnya disebut Abracadabra, tetapi kemudian berganti nama menjadi Amazon.

Awal Bisnis Jeff Bezos

Profil Jeff Bezos selanjutnya ia melanjutkan kesuksesannya dalam mengembangkan Amazon dari toko buku online kecil berubah menjadi perusahaan besar. Bahkan bisa membangun kantor operasional dan enam gudang untuk inventaris buku.

Amazon telah menjadi semakin terkenal dari waktu ke waktu dan telah menembus transaksi dengan produk lain selain buku. Hingga saat ini, Amazon adalah e-commerce terbesar di dunia dan membuat Bezos semakin kaya.

Menjadi Orang Terkaya di Dunia Pada tahun 2020

Jeff Bezos didaulat menjadi orang terkaya di dunia meski hanya memiliki sekitar 25% saham Amazon. Kekayaan bersihnya menurut Forbes mencapai $188,3 miliar atau Rp. 2.076 triliun. Jeff Bezos adalah orang yang tak kenal lelah dan visioner.

Amazon Business Expansion

Amazon kemudian melebarkan sayapnya dengan berpindah ke sektor lain. Sebagai langkah awal, ia bermitra dengan Blue Origin. Hal itu juga diperluas melalui akuisisi The Washington Post Media. Amazon juga sedang mengembangkan sistem ritel terkait aplikasi yang memungkinkan pengunjung tidak melayani siapa pun dan berbelanja secara mandiri tanpa perlu kasir.

Kemudian sistem menggunakan pembayaran yang ditautkan ke aplikasi Amazon. Oleh karena itu, ketika pembeli selesai berbelanja, mereka hanya perlu memindai item yang dipilih. Jumlah total yang dibayarkan kemudian akan secara otomatis dipotong dari saldo kas digital Anda.

Baca Juga :  Profil Jack Ma : Sering Ditolak Kerja Hingga Menjadi Orang Terkaya di China

Kunci Sukses Jeff Bezos

Jeff Bezos membagi kunci suksesnya dalam membangun dan mengembangkan Amazon ke dalam delapan kategori. Pertama: Bertindak, berani mengambil risiko, dan tinggalkan segala keraguan untuk memanfaatkan peluang sebaik mungkin.

Kedua, untuk menjadi sukses, Anda perlu merencanakan dengan cermat tindakan apa yang perlu Anda ambil untuk meminimalkan penyesalan. Ketiga, wirausahawan harus muncul dengan menyediakan iklan dan layanan terbaik. Keempat, selalu ingat prinsip bahwa pembeli adalah rajanya wirausaha agar konsumen nyaman.

Tips Sukses dari Jeff Bezos adalah Anda perlu terus berinovasi agar perusahaan Anda selalu menjadi sorotan dan Anda tidak kehilangan pelanggan. Jika hasilnya bisa menyenangkan konsumen, sayapnya bisa lebih melebar. Kemudian adalah keras kepala, hal itu harus dimiliki oleh seorang pengusaha saat ia menjalankan bisnisnya.Namun, Anda juga membutuhkan fleksibilitas untuk menangani masalah tertentu.

Poin selanjutnya adalah imitasi. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan inspirasi dari produk perusahaan lain, baik dari teman maupun pesaing Anda. Kemudian sempurnakan dan modifikasi kreativitas Anda untuk menambahkan sentuhan unik seperti ikon bisnis.

Nah, itulah profil Jeff Bezos dan beberapa kunci sukses darinya. Pastikan Anda memiliki sifat-sifat yang telah Bezos sarankan, ya!

Mungkin Anda Menyukai

2 tanggapan untuk “Profil Jeff Bezos : Mulai dari Pegawai McDonalds Sampai Menjadi Orang Terkaya Sedunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *