Resmi! Facebook Ganti Nama Menjadi Meta – Ini 3 Alasannya

Resmi! Facebook Ganti Nama Menjadi Meta – Ini 3 Alasannya – Secara resmi, Facebook ganti nama menjadi Meta pada 28 Oktober 2021 lalu. Hal ini akan menjadi langkah yang dapat membantu orang membedakan mana perusahaan induk mereka dari platform media sosial.

Facebook telah ganti nama menjadi Meta, yang artinya adalah perusahaan yang mencari visi untuk masa depan. Identitas baru ini sesuai dengan konstruksi metaverse. Nama itu diungkapkan oleh Mark Zuckerberg selama berada dalam acara Connect.

Meta akan menjadi nama perusahaan induk yang menaungi Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Quest (nama Oculus juga tidak akan digunakan lagi). Pergantian nama ini memiliki beberapa kesamaan dengan Google ketika diganti menjadi Alphabet, perusahaan induk yang saat ini mengoperasikan Google, Google Ventures, Waymo, Fitbit, Wing, DeepMind, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Mulai dari Facebook Sampai Apple, Inilah 11 Perusahaan yang Merambah Dunia Virtual Metaverse

Menurut laporan dari Gizmochina (30/10), Mark Zuckerberg mengatakan bahwa perubahan Facebook ganti nama menjadi Meta ini tidak terkait erat dengan perubahan struktur perusahaan. Namun, pelaporan keuangan terlihat berbeda dibandingkan kuartal IV 2021.

Dalam sebuah wawancara dengan The Verge, Mark Zuckerberg mengungkapkan bahwa dia telah mempertimbangkan untuk mengganti nama perusahaan sejak mengakuisisi Instagram dan WhatsApp. Mengganti nama juga merupakan salah satu langkah yang diambil perusahaan untuk membangun Metaverse.

Menurut Engadget, nama baru itu juga berarti ikon “jempol” Facebook tidak lagi menjadi logo atau tanda resmi kantor pusat. Perusahaan juga menyatakan bahwa logo baru akan dioptimalkan untuk 3D dan dirancang untuk dialami dari berbagai perspektif dan interaksi.

VR juga akan menjadi tulang punggung Metaverse karena Meta berencana membawa satu miliar orang ke VR. Untuk mencapai tujuan ini, perusahaan ini telah mengumumkan bahwa mereka akan menjual perangkat dengan biaya atau memberikan subsidi untuk menjangkau lebih banyak orang.

Namun, dalam sebuah wawancara dengan The Verge, Zuckerberg mengungkapkan mengapa Facebook ganti nama menjadi Meta. Seperti yang dijelaskan Zuck, setidaknya ada tiga alasan untuk mengubah nama dari Facebook menjadi Meta.

Nah, dalam artikel kali ini kami sudah merangkum beberapa alasan Facebook ganti nama menjadi Meta. Pastikan Anda menyimaknya hingga akhir, ya!

3 Alasan Facebook Ganti Nama Menjadi Meta

Sejalan dengan Visi Masa Depan

Facebook ganti nama menjadi Meta karena ingin mengubah namanya agar sesuai dengan visi masa depan Facebook. Sebuah perusahaan bernama Facebook dikenal karena ingin mengembangkan visi untuk masa depan yang disebut Metaverse.

Tidak ada definisi yang jelas tentang Metaverse, tetapi istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan dunia virtual baru di mana orang dapat bermain, bekerja, dan berkomunikasi dengan orang lain di lingkungan virtual. Biasanya hal ini mengacu pada virtual reality (VR).

Menurut Zuckerberg, Metaverse harus menjadi platform masa depan sekaligus dapat memberikan pengalaman sosial. Sebagai langkah awal, Facebook juga mengumumkan akan menciptakan 10.000 lapangan kerja baru di Uni Eropa selama lima tahun ke depan untuk membangun Metaverse.

Mengubah Citra

Facebook Inc adalah perusahaan besar yang melayani media sosial populer seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram di seluruh dunia. Menurut Zuckerberg, ini juga membuat Facebook Inc identik dengan gambar media sosial.

Faktanya, Facebook Inc. ingin tumbuh lebih dari sekadar perusahaan yang hanya berdasarkan jejaring sosial.
Tidak hanya itu, media sosial lainnya seperti WhatsApp dan Instagram juga tergabung dalam Facebook. Selain itu, perusahaan bernama Facebook Inc. sekarang ini tidak lagi cukup mewakili visi perusahaan.

Baca Juga :  Jasa Pembuatan Website Murah Di Surabaya

Berusaha untuk menghindari Kebingungan

Alasan ketiga Facebook ganti nama menjadi Metaa dalah untuk menghindari kebingungan. Zuck mengatakan bahwa mengubah nama Facebook Inc menjadi “Meta” bertujuan untuk menghindari kebingungan antara perusahaan induknya, Facebook Inc, dan produk media sosialnya yaitu Facebook.

Zuck juga mencontohkan apa yang terjadi pada pengguna headset Oculus Quest VR. Dia menjelaskan bahwa setelah tahun 2020, pengguna headset Oculus Quest VR harus masuk dengan akun Facebook mereka. Masuk ke produk Quest Anda saat ini dengan akun Facebook Anda dapat menyebabkan kebingungan.

Oleh karena itu, pengguna akan memiliki akun Facebook mereka sendiri, akun Instagram mereka sendiri, dan akun perusahaan mereka sendiri di masa depan. Sayangnya, Zuckerberg tidak merinci jenis akun perusahaan yang dia maksud. Masih belum jelas apakah atau bagaimana mereka dapat membuat akun dengan lampiran “meta” sebagai nama barunya.

 

 

Mungkin Anda Menyukai

3 tanggapan untuk “Resmi! Facebook Ganti Nama Menjadi Meta – Ini 3 Alasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *